Kamis, 25 April 2013

Selamat Hari Buku!


Hari Buku ini diperingati pada tanggal 23 April.

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada bagian ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Awalnya buku pertama disebutkan lahir di Mesir pada tahun 2400-an SM. Setelah orang Mesir menciptakan kertas papyrus, Kertas papyrus yang berisi tulisan ini digulung dan gulungan tersebut merupakan bentuk buku yang pertama. Ada pula yang mengatakan buku sudah ada sejak zaman Sang Buddha di Kamboja karena pada saat itu Sang Buddha sedang menuliskan wahyunya diatas daun dan kemudian membacanya berulang-ulang. Berabad-abad kemudian, di Cina para cendikiawan menuliskan ilmu-ilmunya diatas lidi yang diikatkan menjadi satu. Hal tersebut memperngaruhi sistem penulisan di Cina dimana huruf-huruf Cina dituliskan secara vertikal yaitu dari atas ke bawah. Buku yang terbuat dari kertas baru ada setelah Cina berhasil menciptakan kertas pada tahun 200-an SM dari bahan dasar bambu yang ditemukan oleh Tsai Lun. Kertas membawa banyak perubahan pada dunia. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari Cina ke Eropa pada awal abad 11 Masehi. Disinilah industri kertas bertambah maju. Apalagi dengan diciptakannya mesin cetak oleh Gutenberg, perkembangan dan penyebaran buku mengalami revolusi. Kertas yang ringan dan dapat bertahan lama dikumpulkan menjadi satu, dan terciptalah buku. (Wikipedia)

Nah itu adalah ulasan sedikit tentang  buku, lagi-lagi walaupun gue taunya dari wikipedia, kalian yang belum tau, jadi taukan sejarah buku itu gimana hahaha
Sebagai anak muda, kita harus punya wawasan yang luas untuk bisa mengerti dan bijaksana terhadap banyak hal. Hampir bisa dipastikan kalau disetiap tokoh-tokoh besar, dibelakangnya pasti ada buku-buku yang menjadi referensinya dalam hidup.
Gue baru suka baca buku aja belum lama ini, makanya wawasannya masih sempit. Gue suka salut sama anak muda yang udah punya kebiasaan membaca dari kecil. Ok, nggak penting ya dulu itu gue suka baca atau enggak, yang jelas sekarang ini gue-lebih-suka-baca-daripada-dulu. Kesadaraan dan kebiasaan untuk membaca harus diperhatikan mulai sekarang. Apa kabar masa depan kita kalau generasi mudanya nggak suka baca buku?
Sekarang juga udah banyak perkumpulan anak muda pencinta buku. Gue nggak tau persis apa aja yang mereka lakukan, tapi gue yakin pasti bermanfaat. Mungkin mereka sharing tentang buku-buku yang udah mereka baca, tuker pinjem buku, tukar wawasan juga pastinya. Gue nggak ngiklan loh ini :|
Udah deh, intinya nggak ada buku yang nggak ada manfaatnya. Selamat memejam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar