Selasa, 28 Mei 2013

Desa Binaan Forum for Indonesia


Malam ini, di kamar, nunggu hape nyala abis di restart, dan belum ngantuk padahal udah jam 23.18. Aku mau cerita tentang salah satu program besar yang sedang dilakukan oleh Forum for Indonesia, yang lagi-lagi ngasih aku pengalaman baru yang luar biasa.

Forum for Indonesia lagi punya program besar di tahun ini, salah satunya adalah membangun sebuah desa binaan. Kali ini desa yang akan dibina oleh FFI adalah Desa Singosaren. Cerita punya cerita, sebagian masyarakan Jogja taunya desa ini berada di daerah Kota Gedhe, padahal secara administratif Desa Singosaren ini berada di Bantul :( Banyak pengrajin perak dan tembaga yang menjual karyanya kepada pedagang di Kota Gedhe dengan harga yang sangat murah, lalu dijual kembali oleh pedagang di Kota Gedhe dengan harga yang sangat mahal. Selain itu, Karang Taruna di Desa Singosaren ini, adalah Karang Taruna terbaik di Indonesia. Banyak banget potensi-potensi dari Desa Singosaren ini yang bisa dikembangin untuk jadi desa yang jauh lebih maju.

Di desa binaan ini, FFI bergerak di empat pilar, sesuai dengan pilar FFI itu sendiri, yaitu Education, Environment, Personal Development,  dan Entrepreneurship. Diproject ini aku bergerak dibidang Education. Program kerjanya, antara lain launching perpustakaan, ngasih sosialisasi masyarakat untuk kesadaran membaca, sosialisasi masyarakat sadar wisata, ngajarin Microsoft Office dan Corel Draw, sama ngajarin mereka untuk bikin onlines shop. Banyak ya? Iya. Tapi seru.

Aku sibuk ya? Iya. Apa sok sibuk? Iya juga.

Buat aku, nggak ada yang bisa bikin lebih bahagia, daripada bikin orang lain bahagia. Hero is everywhere, guys! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar